Saturday, April 10, 2010

RIM Rilis Widget SDK untuk Blackberry

Berita ini terlaunching kisaran awal-awal bulan oktober 2009 dan mulai dikembangkan untuk dipakai oleh pengembang2 aplikasi blackberry termasuk pengembang software di tanah air untuk pembuatan aplikasi blackberry berbasis web, terutama aplikasi seperti widget blackberry yg dominan berbasis web.
Research In Motion (RIM) menyediakan BlackBerry Widget Software Development Kit (SDK) yang memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga membuat aplikasi yang terintegrasi untuk BlackBerry menggunakan teknologi web biasa.

BlackBerry Widget SDK baru ini, memungkinkan pengembang dapat membuat aplikasi berbasis web untuk BlackBerry dengan fitur dan fungsionalitas terdepan,sebuah kemampuan yang sebelumnya hanya tersedia untuk aplikasi BlackBerry yang ditulis dengan bahasa pemrograman Java.

BlackBerry Widget menggunakan mesin browser BlackBerry untuk render aplikasi yang menggunakan user interfaceHTML, CSS, dan JavaScript. Para pengembang dapat menggunakan konten web yang sudah ada untuk membuat BlackBerry Widget dan memperluas kemampuan dari aplikasi web mereka menggunakan BlackBerry Widget API.

Dengan menggunakan BlackBerry Widget API yang baru, para pengembang dapat membuat interaksi antara sebuah widget dan email BlackBerry serta aplikasi kalender, menghasilkan widget dengan kemampuan untuk melihat dan mengedit file dan dokumen yang tersimpan dalam smartphone, mengakses layanan berbasis lokasi atau media player, dan banyak lagi.

Selain itu, pengembang juga dapat memanfaatkan teknologi push RIM yang unik dengan optimal, memungkinkan widget dinamis yang dapat berjalan pada background dan menyediakan alert pro aktif kepada pengguna pada waktu yang ditentukan.

"BlackBerry Widget menghadirkan kesempatan yang lebih luas bagi para pengembang untuk membuat dan memasarkan aplikasi web untuk smartphone BlackBerry yang menawarkan pengalaman terdepan, fungsi terintegrasi dan always on untuk pengguna," ucap Alan Brenner, senior vice president, BlackBerry platform di RIM dalam keterangan tertulis.

Pingin belajar buat aplikasi blackberry sendiri?, download dan kutak-katik bikin widget aplikasi berbasis web ?
download Disini

No comments:

Post a Comment